KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat dan hidayah, serta
bimbingan-Nya sehingga penulis dapat memenuhi tugas pembuatan makalah ini
walaupun materi dan metode penulisanya masih banyak kekurangan, karena
pengetahuan penulis yang masih dangkal. Walaupun demikian, hal itu merupakan
suatu pengalaman yang sangat berharga
sebagai jembatan menuju penulisan yang lebih baik dan sempurna.
Makalah
dengan judul “MODEL PEMBELAJARAN SHARED” merupakan makalah yang dibuat untuk
memenuhi tugas Pendidikan Pancasila.
Penulis
dalam menyelesaikan makalah ini banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak,
baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada kesempatan
ini, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran
dan kritik yang membangun sangat di harapkan untuk menyempurakan makalah ini.
Semoga
makalah ini bermanfaat bagi pembaca umumnya, dan khususnya, agar dapat
mengetahui berbagai hal mengenai model pembelajaran Shared.
Surabaya,
19 Maret 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL …………………………………………………………...i
KATA
PENGANTAR …………………………………………………………..ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………... iii
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ……………………………………............ 1
B.
Rumusan Masalah ……………………………………………..1
C.
Tujuan ……………………………...……………………..2
BAB II :
PEMBAHASAN
1.
Pengertian pembelajaran model shared…………………..……..3
2.
Kelebihan model shared………………………………….…….3
3.
Kekurangan model shared……………………………….……..4
4.
Kegunaan model shared…………………………………..……4.
5.
Penerapan pembelajaran model shared ……………………...…4
6.
Pengembangan pembelajaran model shared
…………………....5
7.
Skema pembelajaran terpadu model shared.…………………....6
BAB III : PENUTUP
A.
Kesimpulan …………………………………………………...7
B.
Saran …………………………………………………………7
DAFTAR PUSTAKA
…………………………………………………………….8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bagi peserta SD, belajar akan lebih
bermakna jika yang mereka pelajari berkaitan dengan pengalaman hidup
sehari-hari sehingga mereka dapat memendang suatu objek yang ada dilingkungan
mereka secara utuh. Proses belajar mengajar dalam berbagai mata pelajaran
melalui pendekatan, salah satunya adalah pendekatan kurikulum terpadu dimana
materi dipadukan menjadi materi utuh kemudian akan diberikan kepada siswa.
Materi yang dipadukan diharapkan
dapat dicapai dengan baik, karena masing-masing mata pelajaran berjalan
sendiri-sendiri tanpa adanya keterkaitan antara mata pelajaran yang terasa
kurang menarik dan kurang bermakna bagi siswa. Untuk menarik minat, girah dan
kreativitas siswa dalam materi pelajaran lainnya hendaknya dilaksanakan melalui
proses pembelajaran terpadu diantaranya melelui model berbagi (shared).
Model
pembelajaran shared atau model berbagi merupakan model belajar mengajar yang
didasarkan pada gabungan pemikiran yang muncul dari beberapa disiplin ilmu.
Proses belajar mengajar dalam mata pelajaran yang akan dipadukan melelui banyak
cara dan metode, salah satunya adalah metode pembelajaran terpadu model shared.
Dengan adanya pembelajaram model shared siswa lebih aktif, kreatif dan materi
yang disampaikan lebih bermakna.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran model
shared?
2.
Apa kelebihan pembelajaran model shared?
3.
Apa kekurangan pembelajaran model shared?
4.
Apa kegunaan mode sharedl?
5.
Bagaimana penerapan pembelajaran model
shared di SD?
6.
Bagaimana perkembangan pembelajaran
model shared?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui Pengertian pembelajaran model
shared
2.
Mengetahui kelebihan model shared
3.
Mengetahui kekurangan model shared
4.
Mengetahui kegunaan model shared
5.
Mengetahui bagaimana cara menerapkan
pembelajaran model shared
6.
Mengetahui proses pengembangan
pembelajaran model shared
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
pembelajaran model shared
Pembelajaran model berbagi (shared)
merupakan gabungan atau keterpaduan antara dua mata pelajaran yang saling
melengkapi dan di dalam perencanaan atau pengajarannya menciptakan satu focus
pada konsep, ketrampilan dan sikap. Misalnya mata pelajaran matematika dan IPA
menjadi sains. Penggabungan antara konsep pelajaran, ketrampilan dan sikap yang
berhubungan satu dengan yang lainnya di payungi dalam satu tema. Pada model ini
tema yang memeyungi dua mata pelajaran, dimana aspek konsep, ketrampilan dan
sikap menjadi satu kesatuan yang utuh.
Jadi model shared lebih luas. Oleh karena itu guru
perlu mengekspor secara cermat mata pelajaran yang akan dipadukan.
Model kurikulum berbagi (shared)
merupakan model yang didasarkan pada gabungan pemikiran yang muncul dari dalam
berbagai disiplin ilmu. Metode ini sangat berbeda dengan pendekatan model
tematik dalam hal pengertian konsep. Konsep gabungan antar konsep tersebut
muncul elemen-elemen gabungan dan bukan berasal dari perkenalan tema di luar.
Konsep inilah yang ditunjukan oleh diagram venn sebagai persamaan dalam bagian
yang dapat saling disesuaikan.
B.
Kelebihan
perencanaan model shared
Kelebihan model ini terletak pada :
a. kemudahan
dalam menggunakannya sebagai langkah awal maju secara penuhmenuju model terpadu
yang mencakup empat disiplin ilmu
b. Denganmenggabungkan
disiplin ilmu serupa yang saling tumpah tindih akanmemungkinkan mempelajari
konsep lebih dalam
c. lebih mudah untuk menjadwalkan periode
perencanaan bagi sebuah tim yang terdiri dari dua gurudari pada menyulap jadwal
untuk tim yang terdiri dari empat orang guru
d. Dua
orang guru dapat menggabungkan jam pelajarannya bersama-sama untuk menciptakan
hambatan waktu yang lebih besar.
C.
Kekurangan
dari model shared
Kekurangan model ini adalah :
a. Hambatan waktu yang diperlukan untuk
mengembangkan model ini
b. fleksibilitas
dan kompromi berperan penting dalamkeberhasilan implementasi model ini
c. Memerlukan
kepercayaan dalam kerjasama timsecara bersamaan
d. Model
integrasi antar dua disiplin ilmu memerlukan komitmen pasangan untuk bekerja
sama dalam fase awal
e. Untuk
menemukan konsep kurikulum yang tumpang tindih secara nyata diperlukan dialog
dan percakapan yang mendalam.
D.
Kegunaan
Model Shared
Model ini cocok ketika berbagai
bidang studi dikelompokkan dalam kelompok besar seperti ilmu sastra/seni
praktis. Model ini juga memfasilitasi lngkah awal implementasi menuju kurikulum
terpadu. Model ini merupakan model yang aktif untuk menggunakan dua disiplin
sebagai tahap intermediate menuju tim dengan empat disiplin yang jauh lebih
rumit dan komplek.
E.
Penerapan
pembelajaran model shared di SD
Pembelajaran terpadu model berbagi
(shared) dapat diterapkan pada tingkat SD sebagai alternative pembelajaran. Hal
ini dimungkinkan karena peran guru di tingkat SD merupakan guru kelas, yang
dapat mengatur sendiri cara menyajikan beberapa pelajaran disesuaikan dengan
keterbatasan alat pelajaran, waktu, bahan ajar dan kondisi minta dan kemampuan
sisiwa. Guru dapat memilih mata pelajaran yang memiliki tema yang sesuai dan
dapat dipadukan. Tidak semua mata pelajaran dapat dipadukan, karena guru kelas
harus melakukan perencanaan yang matang dalam melaksanakan pembelajaran model
berbagi.
Pelaksanaan
pembelajaran terpadu bertolak pada topic tertentu yang dikembangkan oleh guru
dan siswa, yang dilengkapi dengan alat peraga dan lembar kerja siswa (LKS).
Sedangkan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam pembelajaran terpadu model
berbagi ini berorientasi paa siswa dengan variasi sehingga kegiatan terpadu
model shared mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor yang mentujukan
pada pemahaman dan pengembangan konsep, sikap, dan ketrampilan agar lebih
bermakna dalam kegiatan evaluasi digunakan lingkungan sebagai sumber belajar.
F.
Pengembangan
pembelajaran model shared
1.
Proses pengembangan pembelajaran terpadu
model shred meliputi :
a.
Menganalisis GBPP dari setiap mata
pelajaran yang akan dipadukan misalnya IPS dengan Matematika, IPS dengan IPA
atau IPS dan Bahasa Indonesia.
b.
Menentukan konsep, ketrampilan dan sikap
terhadap mata pelajaran yang dipilih.
c.
Menalokasikan waktu dengan benar sesuai
dengan konsep yang akan disampaikan.
d.
Kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan
perkembangan anak dengan menggunakan lingkungan sehingga segala sesuatu yang
terjadi di masyarakat yang akhirnya pembelajaran terpadu bermanfaat bagi
kehidupan siswa sehari-hari.
2.
Dalam pengembangan pembelajaran terpadu
model shared perlu memperhatikan mengenai :
a.
Urutan penyajian sehingga mudah memahami
konsep
b.
Kegiatan hendaknya menarik perhatian
siswa
c.
Suasana belajar menyenangkan
d.
Menggunakan alat bantu/alat peraga
e.
Setiap kali kegiatan siswa dilatih
membuat laporan lisan maupun tulisan
f.
Hasil diskusi dilaporkan secara
bergantian sehingga siswa memiliki rasa tanggung jaeab akan tugas yang
diberikan
3.
Dalam mengembangkan pembelajaran model
shared evaluasi dilakukan melalui :
a.
Tugas kelompok maupun individu
b.
Penilaian dilakukan pada proses
pembelajaran langsung
c.
Penilaian produk atau hasil karya siswa
dapat dilakukan tes formatif dan sumatif
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Model shared merupakan suatu model
pembelajaran terpadu dimana dalam prosesnya menggunakan dua mata pelajaran atau
lebih yang sejenis digabungkan menjadi
satu misalnya : Matematika dan IPA dipasangkan dalam mata pelajaran sains. Oleh
karena itu guru dapat lebih mudah menjadwalkan periode perencanaan umum untuk
membentuk tim yang terdiri dari dua orang guru dari pada penjadwalan untuk tim
dengan empat orang guru. Tetapi model ini memerlukan waktu yang cukup lama
dalam perencanaannya karena dibutuhkan kompromi dan kerja sama dalam tim.
Model ini cocok di terapkan untuk
semua tingkatan pembelajaran (SD,SMP.SMA maupun perguruan tinggi). Model ini
merupakan langkah awal untuk model integrated.
B.
Saran
Kepada guru SD disarankan untuk menerapkan
pendekatan terpadu model shared dalam pembelajaran selanjutnya, dengan harapan
kualitas pembelajaran di SD lebih meningkat.
Kepada pengembang kurikulum,
disaramkan untik meninjau kembali terhadap rambu-rambu pelaksanaan kurikulum,
sehingga memudahkan bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran terpadu.
Kepada pengelola program SI PGSD
disarankan agar mata kuliah pembelajaran terpadu tidak hanya bersifat teoritis,
tetapi lebih bersifat praktis. Dimana mahasiswa( guru, calon guru) tidak hanya
mengetahui pembelajaran melelui teori yang didapat dari para dosen, akan tetapi
juga melatihnya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Casino & Gaming MapYRO
BalasHapusThe location 김제 출장샵 and timings 공주 출장안마 of Casino & Gaming 충청남도 출장샵 in Las Vegas, NV. Trails; Dedicated 상주 출장마사지 lanes; Bicycle-friendly roads; Live traffic updates; Live traffic updates 고양 출장샵